Prospecting adalah sales funnel yang paling sulit.

Keberhasilan closing sangat dipengaruhi oleh kepiawaian anda dalam melakukan prospecting.

Membangun komunikasi, mengubah dari tidak kenal menjadi kenal letaknya di prospecting, maka bisa dikatakan sales tidak akan maksimal disaat anda tidak mampu prospecting dengan piawai.

Prospecting juga yang menjamin apakah bisnis anda akan memiliki sales yang cukup, karena prospecting adalah proses lead generation, dari lead generation ini sales akan terjadi. Jadi dikala anda tidak memiiliki cukup leads maka anda tidak akan punya cukup sales untuk membiayai proses bisnis anda.

Ini adalah 7 tips yang bisa anda pegang erat-erat agar bisnis anda tetap berjalan dan proses prospecting anda akan sangat berdaya.

1. Everyday Prospect

Jadi kan kegiatan prospecting sebagai to do list wajib anda, selalu saat dipagi hari luangkan waktu terbaik anda untuk melakukan prospecting, apakah dengan cold calling, menghubungi kustomer lama anda atau mencari prospect dari social media.

2. Research

Saat anda akan memprospect usahakan anda telah meresearch orang tersbeut, siapa dia, apa posisi nya, kemungkinan kebutuhan nya, bergerak dibidang apa bisnis nya.

Ini adalah hal yang urgent namun suka dilupakan oleh salesperson, mereka hanya sekedar nelpon tanpa mengerjakan PR nya mencari keubutuhan si prospect.

3. be an expert

Belajar menulis dan tulis segala hal yang berhubungan dengan industry anda, cepat atau lambat anda akan dipersepsikan sebagai expert dibidang tersebut.

Dan para customer akan melih prefer ke anda sebagai expert, mereka akan bertanya dan menjadi leads anda.

4. Use CRM

Kebutuhan prospect anda hari ini sangat kompleks, dan sekali dua kali telpon, email belum tentu cukup.

Pastikan seluruh daftar nama anda terintegrasi dengan CRM, sehingga seluruh record dan approach yang anda lakukan terekam dengan sangat baik dan anda akan bisa menilai quality prospect anda dan merencanakan strategi terbaik.

5. The right Time

Pastikan anda melakukan cold calling dari jam 7-8 pagi atau setelah jam 6 sore.

Dari penelitian Ini adalah waktu terbaik untuk melakukan prospecting pada level decision maker.

6. C Level style

Bila anda ingin memprospek level C seperti CEO, CTO dsb maka pastikan anda memiliki 3 kunci ini Trust, Integrity and respect for they time.

7. Never Give Up

Bisa jadi anda akan ditolak untuk bukan hanya sekali namun 8 kali.

Coach Tom Mc Ifle mengatakan penjualan baru terjadi pada penolakan yang ke 8 namun seringkali sales person berhenti memfollowup setelah penolakan yang kedua.

Oke ini 7 langkah yang bisa segera menaikkan level dan confidence anda dalam melakukan prospecting.

Happy Prospecting !